Minggu, 27 April 2008

Memutar MP3 di Ubuntu

Ini merupakan pengalaman saya sewaktu pertama kali pakai Ubuntu. Waktu itu ubuntu yang saya gunakan adalah fiesty fawn 7.04 yang udah saya pesan dari www.buntu.shipit.com. Setelah menunggu selama 3 minggu akhirnya kiriman CD fiesty datang dengan diantar oleh Pak Pos yang baik hati. Jadwal kuliah siang itu saya lupakan dan langsung saja partisi saya rombak untuk menginstall ubuntu yang katanya distro paling nggak neko2 digunakan.

Setelah install hal yang pertama aku cari adalah mp3 player pas mo putar bingung mau putar di mana ? winampnya tidak ada. player default di Ubuntu jga tidak mensuport file berformat MP3. Perasaan kecewa muncul setelah menghabiskan waktu untuk menunggu kedatangan CD Ubuntu 7.04 selama tiga minggu tapi “file sakral” yang menjadi favorit gue tidak bisa terputar.

Satu-satunya cara adalah menginstal XMMS. Tapi yang jadi masalah di rumah saya tidak mempunyai koneksi internet untuk “ber -apt-get” ria. Akhirnya browsing ke warnet pun saya lakukan untuk mencari solusi dari masalah file MP3 di linux. Setelah browsing dan meminta petuah dari “mbah google” akhirnya saya menemukan solusinya yaitu mendownload paket-paket yang dibutuhkan untuk menginstal XMMS serta codec MP3.

Berikut paket-paket yang dibutuhkan untuk menginstal XMMS. Terdapat 3 paket dependensi di tambah xmms dan xmms-skin(optional) untuk menginstal xmms.

* libglib1.2 (version 1.2.10-10.1build1)
* libgtk1.2 (version 1.2.10-1 8)
* libgtk1.2-common (version 1.2.10-1 8)
* xmms (version 1.2.10+cvs20050809-4ubuntu5)
* xmms-skins (version 0.6-1)

Link downloadnya :
http://kambing.vlsm.org/ubuntu/pool/main/g/gtk+1.2/libgtk1.2-common_1.2.10-18_all.deb http://kambing.vlsm.org/ubuntu/pool/main/g/gtk+1.2/libgtk1.2_1.2.10-18_i386.deb http://kambing.vlsm.org/ubuntu/pool/main/g/glib1.2/libglib1.2_1.2.10-10.1build1_i386.deb http://kambing.vlsm.org/ubuntu/pool/main/x/xmms/xmms_1.2.10+cvs20050809-4ubuntu5_i386.deb
http://kambing.vlsm.org/ubuntu/pool/universe/x/xmms-skins/xmms-skins_0.6-1_all.deb

Selanjutnya install deh dishell prompt sesuai dengan urutan di bawah ini :

cd /direktori/tempat/paket/yang/di/donlot/
$sudo dpkg -i libglib1.2_1.2.10-10.1build1_i386.deb
$sudo dpkg -i libgtk1.2-common_1.2.10-18_all.deb
$sudo dpkg -i libgtk1.2_1.2.10-18_i386.deb
$sudo dpkg -i xmms_1.2.10+cvs20050809-4ubuntu5_i386.deb
$sudo dpkg -i xmms-skins_0.6-1_all.deb

Alhamdulillah setelah menginstall lima paket tersebut file saya bisa menikmati lagu-lagu Iwan Fals yang berformat MP3. Oh iya untuk preset equalizernya bisa di import dari winamp dengan nama winamp.q1.

Semoga tulisan ini bisa berguna bagi teman-teman yang baru menggunakan ubuntu.

5 comments:

Anonim mengatakan...

wah informasinya sangat berguna ne bagi seorang newbie...thanks alot ya:)

Anonim mengatakan...

Trims banget ya mas informasinya , semoga berkah Allah selalu bersamamu

Anonim mengatakan...

TELAH DITEMUKAN RAHASIA SUKSES PEBISNIS DI INTERNET.
TERNYATA KITA JUGA BISA...!!!
http://www.formulabisnis.com/?id=D12NK

bali villas mengatakan...

thx bro atas informasinya. sangat berguna.

Lina mengatakan...

This information is very helpful thank me :D :D

visit back my website ^_^
biro jasa sim
biro jasa bpkb
biro jasa perizinan
biro jasa stnk